Nama : Syahrul Mubarrak
NIM   : 1505060015


Tata Tehnik Pentas
Seni merupakan suatu ekspresi yang dihasilkan dari perenungan, dan juga ide kreatif dari manusia. Seni kerap kali dijadikan sebagai media untuk berbahasa dengan cara yang berbeda. Dalam istilah seni ada yang disebut dengan seni pertunjukan, yang dimana seni atau kesenian tersebut dijadikan sebagai tontonan untuk orang banyak. Bukan hanya sekedar itu saja, akan tetapi juga dengan melibatkan berbagai unsur seperti adanya ruang, apresiator, dan juga kreator atau penyaji.
Dalam istilah seni pertunjukan, dibutuhkan yang disebut dengan Tata Tehnik Pentas. Dalam arti mendasar, Tata Tehnik Pentas akan mengurus penggarapan suatu pertunjukan. Jika dikaitkan antara  Tata Artistik dengan Tata Tehnik Pentas memiliki kedekatan ruang kerja. Mengapa demikian?, karna antara keduanya memiliki ruang kerja yang sama yakni managment dan menata suatu pertunjukan. Yang termuat dalam tulisan ini adalah pembahasan mengenai tata pentas tari, yang dimana pembahasan mengenai unsur-unsur yang membantu dalam pelaksanaan suatu pertunjukan tari.
Dengan demikian dalam mempelajari seni tari, juga bukan hanya meliputi tentang gerak. Masih banyak lagi elmen pendukung yang harus diperhatikan yang membantu dari pertunjukan tari tersebut. Seperti halnya seorang penari didukung dengan kemampuan dalam bidang wordrop (make up dan kostum). Selain itu, dari beberapa elmen lainnya seperti artistik panggung yang meliputi semua perhiasan yang diatur di atas panggung.
Tata Tehnik Pentas (TTP) merupakan pengetahuan yang mempelajari seluk-beluk tentang pementasan atau pertunjukan, antara lain pengenalan pentas atau panggung (stageing), komposisi pentas (composition), tata rias (make up), tata busana (costuning), tata lampu (lighting), dekorasi (scenery), dan tata suara (sound sistem). Saya pikir, seorang seniman harus paham mengenai Tata Tehnik Pentas, karna ini akan berpengaruh terhadap kesan dan keindahan terhadap suatau pertunjukan yang ingin dipersembahkan.
Yang saya tangkap dari jurnal yang saya revew, untuk mempelajari ilmu tentang Tata Tehnik Pentas seseorang harus paham mulai dari segi definisi dari Tata Tehnik Pentas tersebut. Dan tentu saja kita perlu untuk melirik pengertian yang berikan oleh para ahli mengenai Tata Tehnik Pentas.
Pengertian Tata Tehnik Pentas menurut para ahli
Menurut Padmo Darmoyo dalam buku Tata Tehnik Pentas untuk SMKI (1988). Tata yang berarti susunan atau aturan, tata pentas berarti segala sesuatu yang berkenaan dengan pentas yang di atur. Dari pengertian yang di tawarkan tersebut dapat kita pahami bahwa tata tehnik pentas mencakup keseluruhan dalam suatu pertunjukan. Bagamana tidak, segala bentuk kreasi yang dibuat di atas panggung maupun di luar panggung apa bila itu berkenaan dengan pertunjukan tersebut, itu merupakan bagian dari tata tehnik pentas. Bukan hanya panggung, dari segi kostum dan juga make up untuk seorang penampil juga merupakan bagian dari tata tehnik pentas tersebut.
Selanjutnya menurut harimawan dalam Dramaturgi (1987) menyatakan bahwa tata tehnik pentas adalah segala yang menyangkut soal pakaian, tata rias, tata dekor dan tata sinar. Pada dasarnya tata tehnik pentas adalah unsur penunjang suatu pertunjukan.
Mempelajari ilmu tentang tata tehnik pentas bukan hanya sekedar paham saja, akan tetapi juga harus dibarengi dengan praktek lansung, sehingga dalam segi pemahaman dan juga pengemplementasian menjadi seimbang. Sehingga mamfaat dari mempelajari tentang ilmu Tata Tehnik Pentas dapat dirasakan baik secara individu maupun kelompok baik itu seniman dan juga penikmat seni.


Artikel Jurnal : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/1806/1671
Di tulis oleh   : W Gupita
Judul              : Jurnal Seni Tari

Komentar

Postingan populer dari blog ini