REVIEW KESENIAN TRADISIONAL BALI TARI LEKO DI PENDEM, JEMBRANA SEBUAH KAJIAN TEKSTUAL
Oleh : Kharisma Priasa
Tujuan Penelitian : Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendokumentasikan kesenian yang ada di bali secara tertulis, agar kesenian tradisional yang ada di Indonesia dapat tetap di lestarikan.
Metode Penelitian yang digunakan : Menggunakan 3 metode yakni observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan mendatangi langsung di lingkungan pancardawa, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. Bapak I Nyoman Dika selaku ketua sekehe Leko di lingkungan Pancardawa. Dan mendokumentasikan melalui foto dan video tentang  kesenian Leko sebagai bukti untuk memperkuat hasil penelitian.
Hasil Penelitian : Setelah dilakukan penelitian lebih mendalam di ketahui bahwa tari leko memiliki tiga macam tarian. Dan dalam jurnal ini dijelaskan tentang Gerak Tari Leko, Teknik Gerak, Gaya Gerak, Jumlah Penari, Jenis Kelamin dan Postur Tubuh, dan Ruang dalam Tari Leko. Dalam sub Ruang dalam tari Leko tidak hanya dijelaskan melalui tulisan tapi pembaca di berikan gambaran dari panggung sampai Pola-pola tarian. Dan di jelaskan juga tentang waktu, Musik Iringan Tari, serta bagaimana tentang kehadiran tata artistik dalam kesenian ini yang meliputi Tata cahaya, Tata rias, Tata busana dan Properti yang di gunakan dalam kesenian Leko. Dan diketahui tari Leko adalah kesenian tradisional dari Bali yang belum tersentuh atau tidak di tambahkan gerakan kreasi baru.
Kekuatan Penelitian : Kekuatan Penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan dengan langsung terjun kelapangan dan bersinggungan langsung dengan kesenian dan para pelakunya.
Sumber Artikel Jurnal : jurnal.isi-dps.ac.id
Judul Artikel : Tari Leko di Pendem, Jembrana Sebuah Kajian Tekstual
Penulis : Ni Nyoman Ayu Kunti Aryani
Link : http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/download/235/146

Komentar

Postingan populer dari blog ini