TATA TEKNIS PENTAS
ditulis oleh: Muhammad Khaliq Iqbal Raub Soemima

Tulisan ini merupakan salah satu ulasan ulang sebuah artikel yang mana pada artikel tersebut membahas tentang Tata Teknis pentas oleh IQRAMULLAH, salah seorang mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin Kalimantan Selatan Jurusan Seni Tari. Langsung saja dalam kesempatan ini penulis akan menjabarkan ulang tentang tata teknik pentas tersebut, cara menata, perencanaan, penataan pentas, dan hakikat perencanaan pementasan.
Tata Teknis Pentas adalah segala persiapan  yang dijabarkan oleh kreator sebelum menyuguhkan sebuah pertunjukkan. Kreator merupakan orang yang mempersiapkan perencanaan konsep sebuah pertunjukkan. Persiapan tersebut bertujuan agar jalannya pertunjukkan teratur dan tertata. Mulai dari konsep penataan panggung, menyusun tata pentas, hingga perencanaan pementasan. Jadi tata teknik pentas merupakan persiapan sebuah pementasan, merencanakan segala bentuk jalannya pementasan serta persiapan sebuah pertunjukkan yang akan digarap dan dikonsep sedemikian rupa.
Merencanakan suatu konsep pertunjukkan juga harus terperinci. Mulai dari cara menatanya agar terbentuk suatu tempat pertunjukkan yang baik pun juga mempersiapkan perencanaan suatu pertunjukkan tersebut. Salah satu bentuk tata teknis pentas yang dijabarakan penulis adalah seni  pertunjukkan tari. Menurut Iqramullah, sebelum membuat pertunjukkan tari juga perlu diperhatikan pentaan dan perencanaan jenis dan bentuk konsep penataan pertunjukkannya. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan penataan suatu pertunjukkan tari tersebut. Mulai dari perencanaan, pemilihan tema tari dan kemudian mempersiapkan kebutuhan material seperti kostum, make-up, properti, han properti, set properti, penataan cahaya, serta sound sistem.
Setelah semua persiapan tersebut sudah terpenuhi, penataan panggungpun harus disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pertunjukkan. Panggung merupakan ruang tempat berlangsungnya sebuah pertunjukkan. Panggung yang sering digunakan adalah, panggung Proscenium atau jenis panggung tertutup (In Door) , panggung Arena atau jenis panggung terbuka (Out Door) dan  panggung Thrust atau gabungan tampilan konsep panggung arena dan proscenium. Dengan memahami bentuk dari masing-masing panggung inilah, penata panggung dapat merancangkan karyanya berdasar lakon yang akan disajikan dengan baik. Kebutuhan pangggung disesuaikan dengan konsep tari yang akan dibawakan. Salah satunya dari jenis lampu atau penataan cahaya yang dibutuhkan, karena lampu berbeda jenis dan itu berperan penting untuk membangun suasana pertunjukkan tari. Dalam hal tersebut penata lampu juga berperan penting untuk mengatur jalannya pementasan tari tersebut. Menurut sumber, secara hakikat tata teknik membuat suasana pertunjukkan lebih hidup dan tampilan lebih menarik. Proses Teta teknik pentas adalah nyawa bagi sebuah pertunjukkan yang akan digarap.

Sumber Artikel : Blog Seni dan Budaya http://nadasyahreza.blogspot.com/?m=1
Judul Artikel : Tata Teknik Pentas
Penulis : IQRAMULLAH, Mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin kalimantan selatan Jurusan Seni Tari. Alamat Sungai - Tabuk Banjarmasin kalimantan selatan
Link : https://plus.google.com/105639069486230196671

Komentar

Postingan populer dari blog ini