SEKILAS TENTANG TATA TEHNIK PENTAS
Oleh : Fikhan Ghazali
Tata tehnik pentas ialah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengatur, merancang dan menata seluruh perangkat yang berhubungan dengan pementasan. Pembahasan mengenai perancangan sebuah pementasan yang akan diselenggarakan akan dibahas dalam ilmu tata tehnik pentas. Pada hakikatnya penataan pementasan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam persiapan melakukan pementasan. Selain untuk memaksimalkan pementasan penataan juga sangat berguna dalam memberikan kesan bagi audients nantinya.
Penataan pementasan tentunya memerlukan konsep yang sudah disepakati sebelum memulai menata pementasan. Konsep yang akan digunakan tentunya menjadi acuan dalam menata sebuah pementasan. Selain konsep pementasan, menentukan seluruh perangkat dan penanggung jawab, juga perlu diperhatikan. Menentukan siapa saja yang bertanggung jawab disetiap divisi yang diperlukan. Jika kita mengambil contoh dari pementasan musik, ada baiknya menentukan siapa soundman, stage manager, penata lampu, dan beberapa penanggung jawab lainnya.
Dalam penataan pementasan, perangkat yang perlu dipersiapkan antara lain ialah :
Panggung
Lampu
Make up
Kostum
Sound system
Properti

perangkat-perangkat tersebut merupakan hal dasar yang sangat perlu diperhatikan dalam persiapannya. Dalam sebuah pementasan, perangkat-perangkat tersebut sangat menentukan hasil pementasan. Semisal bagaimana seorang penata cahaya bisa menghidupkan suasana dengan lampu yang tersedia. Bagaimana seorang penata rias mampu menyulap rupa seorang penampil, dan lain sebagainya.
Selain perangkat tersebut diatas, penataan pementasan juga perlu memperhatikan bagaimana seting panggungnya. Seting panggung yang digunakan perlu ditentukan, apakah menggunakan panggung procenium atau panggung arena. Jika mengkaji jenis panggung tersebut, tentunya perlu penataan yang menyesuaikan. Memperhatikan jenis panggung sangat menentukan bagaimana kebutuhan yang diperlukan.

Sumber : Blog Seni Dan Budaya
Judul artikel : Tata Teknik Pentas
Penulis : Iqramullah
Link : Nadasyahreza.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini