Tata Teknik Pentas
Oleh: Irma Septiana
Tata berarti aturan atau sususan, tata pentas berarti segala sesutu yang berkenaan dengan pentas yang telah diatur. Teknik berarti cara atau strategi. Sedangkan pentas adalah tempat yang dipergunakan untuk mempertunjukkan suatu pemeranan.
Jadi, Tata teknik pentas adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk tentang pementasan atau pertunjukan, antara lain pengenalan pentas atau panggung, komposisi pentas, tata rias, tata busana, dan tata suara. Tanpa memperhatikan unsur tersebut pertunjukan sangat kurang menarik atau monoton bahkan pertunjukan tidak dapat berjalan dengan baik atau kurang baik.
Adanya penguasaan panggung dapat memberikan gambaran yang lebih menarik. Semisal dalam pentas seni tari walaupun dengan gerakan yang sederhana dan diulang-ulang. Dengan penguasaan panggung dapat dilakukan dengan berpindah posisi tanpa mengubah gerak sederhana tersebut,  dapat menciptakan gambar yang lebih menarik.
Ruang lingkup tata pentas meliputi, sebagai berikut:
Tata Cahaya
Tata cahaya merupakan suatu metode atau sistem yang diterapkan pada pencahayaan yang didasari demi menunjang kebutuhan seni pertunjukan dan penonton. Jika seni pertunjukan di selenggarakan pada malam hari bertempat didalam gedung maka menggunakan penerangan.
Tata Rias
Dalam seni pertunjukan tata rias merupakan suatu hal yang sangat pentingnyang dapat menunjukkan jenis kelamin, perwatakan, dan lain sebagainya. Dalam seni pertunjukan tata rias digunakan sesuai dengan tema/konsep yang dimainkan. Semisal dalam pertunjukan seni drama yang menceritakan seorang gadis desa, maka tata rias yang digunakan  tata rias natural sehari-hari dan teatrikal yang menggambarkan dari watak tersebut.
Tata Busana
Tata busana dalam seni pertunjukan digunakan untuk menunjukkan identitas gender, status sosial, karakter, dan lain sebagainya. Tata busana juga berfungsi untuk menambah daya tarik dari pertunjukan tersebut. Sehingga ketika melihat busana yang dikenakan oleh pemain, secara tidak langsung penonton akan tahu karakter atau identitas yang dimainkan.
Properti
Properti merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pemain untuk melengkapi cerita yang akan dimainkan. Properti biasanya digunkan untuk menguatkan dari situasi yang sedang berlangsung dari cerita atau pementasan tersebut.
Manfaat dari mempelajari tata teknik pentas yaitu dapat menumbuhkan rasa percaya diri bagi pemain, menguasai panggung arena pertunjukan, dan membuat penonton tertarik dan terkesan.




Sumber artikel jurnal: Portal Garuda
Judul artikel: Pendidikan Seni Teater; Sekolah, Teater dan Pendidiknya
Penulis: Prusdianto
Link: http//jurnal.isi-dps.ac.id dan Staffnew.uny.ac.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini